Total Tayangan Halaman

Rabu, 18 Januari 2012

KETERPADUAN IPS

Peserta Didik Bahagia, dan Aktif
Masih banyak guru yang memahami IPS sebagai mata pelajaran yang terpisah-pisah; ekonomi, geografi sosialogi dan sejarah. Pembelajarannyapun dilaksanakan secara terpisah. Dalam konteks ini sangat dimungkinkan guru IPS masih kurang memahami tujuan pembelajaran IPS.




Mata pelajaran IPS mengkaji berbagai aspek kehidupan masyarakat secara terpadu, karena kehidupan masyarakat sebenarnya  sebuah sistem dan totalitas dari berbagai aspek. IPS merupakan studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk membentuk warga negara yang baik, mampu memahami dan menganalisis kondisi dan masalah sosial serta ikut memecahkan masalah sosial sesuai dengan perkembangan psikologi peserta didik.
Makna terpadu dalam pembelajaran IPS adalah adanya keterkaitan dan keterpaduan antardimensi kehidupan; alam, sosial, ekonomi, budaya, politik, dan sejarah. Hal ini tertuang dalam materi sehingga melahirkan konsep, tema atau topik pembelajaran IPS terpadu. Dimaksudkan agar pembelajaran IPS lebih bermakna, efektif dan efesien. Model keterpaduan dalam IPS antara lain; connected, sequenced, shared, webbed, threaded dan integrated.
dalam dokumen Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi terlihat bahwa SK dan KD belum menggambarkan IPS secara terpadu. Oleh karena itu perlu ada upaya untuk merekonstruksi. Rekonstruksi Standar Isi agar lebih focus dapat dikembangkan cukup melalui dua model yaitu integrated dan correlated (connected).
Salah satu alternatif untuk menentukan proses pembelajaran IPS secara terpadu adalah dari model pembelajaran yang dirancang melalui EEK. Sekenario pembelajaran yang cukup jitu dalam implementasi keterpaduan IPS ini dengan pendekatan CTL (Contectual Teaching and Learning) dan CL (Cooperative Learning).
Hakekat pembelajaran secara terpadu dalam mata pelajaran IPS di SMP /MTs diharapkan menjadi lebih bermakna bagi peserta didik dalam konteks kehidupan sehari-hari. Peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan utuh. Dalam pengembangannya dibutuhkan guru IPS yang kreatif dan inspiratif. Tentu andalah orangnya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar