Total Tayangan Halaman

Kamis, 19 Januari 2012

IPS TERPADU BERKARAKTER

Karakter, merupakan serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations) dan ketrampilan (skills). Berkarakter diartikan berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat dan berwatak. Sedangkan pendidikan karakter adalah suatu sistem transformasi dan penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah.
Pendidikan karakter dikembangkan dengan berpijak pada nilai-nilai karakter dasar. Nilai karakter dasar tersebut seperti cinta kepada Allah SWT, tanggungjawab, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, kerjasama, percaya diri, kreatif kerja keras, pantang menyerah, toleransi, cinta damai dan persatuan. Nilai dasar yang relevan dengan pembelajaran IPS adalah nilai-nilai kereligiusan, kemampuan inquiri, memecahkan masalah sosial, kepedulian terhadap lingkungan, menghargai sesama, cinta tanah air, toleransi, demokrasi, tanggung-jawab,  meneladani para pahlawan, mencintai produk sendiri, kemampuan berorganisasi dan kerjasama.
Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS adalah melalui proses pembelajaran IPS. Hal ini dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan ini silabus dan RPP dirancang agar muatan dan kegiatan pembelajarannya memfasilitasi atau berwawasan pendidikan karakter. Pengintegrasian nilai-nilai karakter bisa dilakukan melalui bahan ajar. Implementasi dalam pembelajaran harus patuh pada sekenario yang telah dirancang bernuansa pendidikan karakter. Akhirnya akan tercermin dalam instrumen tagihan pada akhir pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar