Total Tayangan Halaman

Rabu, 08 Oktober 2014

SUPERVISI AKADEMIK

          Supervisi akademik adalah tugas utama kepala sekolah/madrasah dalam menentukan kualitas pendidikan di sekolah/madrasah. Kepala sekolah/madrasah harus memiliki komitmen bersama untuk menggerakkan guru dan peserta didik berpikir kritis, berkreasi, berinovasi, memecahkan masalah dan menciptakan pembelajaran efektif. Dengan melaksanakan supervisi akademik secara terprogram, berkesinambungan, akan tercapai layanan proses pembelajaran bermutu. Pembelajaran yang dipimpin oleh guru yang berkualitas akan meningkatkan prestasi peserta didik.
         Kepala sekolah/madrasah sebagai pemimpin harus memastikan bahwa semua guru mendapat pelayanan supervisi akademik. Setiap guru harus mendapatkan layanan yang sama tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, dan yang berkebutuhan khusus. Layanan yang sama tanpa diskriminasi juga harus diberikan kepada para peserta didik dalam proses pembelajaran.

Perencanaan
Kegiatan awal sebelum menyusun perencanaan supervisi akademik, identifikasikanlah permasalahan pembelajaran di sekolah/madrasah Saudara yang mencakup perangkat pembelajaran oleh guru, proses pembelajaran oleh guru, dan penilaian pembelajaran oleh guru. Kegiatan identifikasi dapat Saudara lakukan melalui diskusi dengan guru senior dan/atau pengawas sekolah/madrasah. Buatlah rangkuman identifikasi masalah pembelajaran dari hasil diskusi Saudara.
Berdasarkan rangkuman identifikasi masalah pembelajaran tersebut, buatlah perencanaan supervisi akademik dengan menggunakan pedoman supervisi akademik yang telah ada yang meliputi indikator: a) penentuan tujuan supervisi akademik, b)jadwal pelaksanaan supervisi akademik, c) teknik supervisi akademik, d) instrumen supervisi akademik, e) pelaksanaan supervisi akademik, f) pemberian umpan balik (feedback) dan rencana tindak lanjut. Kerjakan tugas ini melalui diskusi dengan guru yang akan disupervisi berkaitan dengan aspek-aspek apa saja yang ada dalam supervisi. Setelah selesai menyusun perencanaan, laporkan perencanaan Saudara dalam bentuk dokumen program perencanaan supervisi akademik. Dokumen perencanaan ini adalah hasil diskusi Saudara dan guru yang disupervisi, rekan sejawat, dan pengawas/mentor
sekolah/madrasah. Dokumen perencanaan supervisi akademik berisi tentang:
1. Tujuan supervisi akademik yang dirumuskan.
2. Jadwal supervisi akademik yang ditetapkan
3. Teknik supervisi akademik yang dipilih
4. Instrumen supervisi akademik yang dipilih


Melaksanakan
Setelah Saudara menyusun perencanaan supervisi akademik, maka sosialisasikan perencanaan supervisi akademik tersebut kepada guru yang akan disupervisi akademik. Buatlah kesepakatan bersama dengan  guru yang akan disupervisi akademik tentang waktu dan aspek-aspek dalam supervisi akademik. Bila telah sepakat maka segera melaksanakan kegiatan supervisi akademik mulai dari:
1. Pemeriksaan kelengkapan perangkat pembelajaran,
2. Proses pembelajaran, dan
3. Penilaian pembelajaran dengan menggunakan instrumen yang telah disiapkan.
Selanjutnya identifikasilah masalah-masalah yang terjadi selama Saudara mempraktikkan supervisi akademik.

Menganalisis
Kegiatan selanjutnya, Saudara menganalisis hasil pelaksanaan supervisi akademik untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan guru yang telah disupervisi sebagai acuan dalam memberikan umpan balik, penyempurnaan instrumen, dan program tindak lanjut. Identifikasilah beberapa kekuatan dan kelemahan guru yang telah disupervisi. Adapun, hal-hal yang perlu dianalisis, yaitu:
1. Perencanaan pembelajaran, yang meliputi kelengkapan dokumen perangkat pembelajaran.
2. Proses pembelajaran.
3. Penilaian pembelajaran.
Buatlah rangkuman/kesimpulan hasil analisis Saudara terhadap perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran secara rapi dan baik untuk dievaluasi dan ditindaklanjuti. Buatlah laporan hasil analisis dan evaluasi Saudara dalam bentuk rangkuman hasil identifikasi masalah pelaksanaan supervisi akademik dan rekapitulasi hasil pelaksanaan supervisi akademik.

Umpan Balik dan Tindak Lanjut
Setelah Saudara melakukan analisis dan evaluasi supervisi akademik, maka buatlah rencana pemberian umpan balik dan tindak lanjut terhadap guru yang telah disupervisi dengan memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut; a) mengkaji rangkuman/kesimpulan hasil analisis perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran b) membuat rencana umpan balik (feedback), dan rencana tindak lanjut c) melaksanakan umpan balik (feedback) dan tindak lanjut dalam bentuk lisan dan/atau tertulis, kegiatan ini
dapat berupa:
1. Penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar.
2. Teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar.
3. Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut.

Menyusun Laporan
Setelah Saudara memberikan umpan balik (feedback) dan rencana tindak lanjut, maka susunlah laporan hasil supervisi akademik yang memenuhi 7 (tujuh) aspek sebagai
berikut:
1. Identitas
2. Pendahuluan
3. Kerangka Pikir Pemecahan Masalah
4. Pendekatan dan Metode Supervisi
5. Hasil Pelaksanaan Program Supervisi
6. Penutup
7. Lampiran
Sebagai bahan pendukung laporan supervisi akademik Saudara dapat melengkapinya dengan bukti fisik berupa foto-foto kegiatan dan/atau tayangan audio visual.

                                                                                          Sumber : PRODEP BPU Supervisi Akademik

1 komentar:

  1. sangat bermanfaat informasinya pak... monggo dikunjungi balik pusatrik.blogspot.com

    BalasHapus