LKS merupakan lembaran yang
berisikan serangkaian kegiatan yang harus
dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. LKS disusun dengan tujuan antara
lain: (1) memberikan pengetahuan dan sikap serta keterampilan yang perlu dimiliki siswa; (2) mengecek
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disajikan; (3) mengembangkan
dan menerapkan materi pelajaran yang sulit dipelajari.
Menurut Darmojo dan Kaligis (1991 : 32), persyaratan
LKS yang baik meliputi tiga aspek, yaitu didaktik, konstruksi, dan teknik
1.
Syarat-syarat
didaktik
LKS sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya
proses belajar mengajar harus memenuhi persyaratan didaktik artinya harus
mengikuti azas-azas pembelajaran yang efektif, yaitu:
a. memperhatikan adanya perbedaan individual,
sehingga LKS yang baik itu adalah yang dapat digunakan oleh siswa yang lamban,
sedang, maupun pandai
b. menekankan pada proses untuk menemukan
konsep-konsep sehingga LKS berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi siswa untuk
mencari tahu
c. memiliki variasi stimulus melalui berbagai
media dan kesempatan kepada siswa untuk menulis, menggambar, berdiskusi,
menggunakan alat, dan sebagainya
d. dapat
mengembangkan komunikasi sosial, moral dan estetika pada anak. Jadi tidak
semata-mata ditunjukkan untuk mengenal fakta-fakta dan konsep akademis.
2. Syarat-syarat konstruksi
Yang dimaksud syarat konstruksi adalah syarat-syarat
yang berhubungan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa kata, tingkat
kesukaran, dan kejelasan yang pada hakekatnya harus tepat guna dalam arti dapat
dimengerti oleh pihak pemakai atau siswa
a. menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan siswa
b. menggunakan struktur kalimat yang jelas
c. memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat
kemampuan anak
d. menghindari pertanyaan yang terlalu terbuka
e. tidak mengacu pada buku sumber di luar keterbacaan
siswa
f. menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi
keleluasaan pada siswa untuk menulis
maupun menggambar pada LKS
g. menggunakan kalimat sederhana dan pendek
h. menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata
i. memiliki tujuan belajar yang jelas dan manfaat dari pelajaran itu
sebagai sumber motivasi.
3. Syarat-syarat teknik
a. tulisan dengan menggunakan huruf cetak, huruf tebal yang agak
besar untuk topik, tidak menggunakan lebih dari sepuluh kata dalam tiap kalimat
dan mengusahakan agar perbandingan besar huruf dengan gambar serasi
b. gambar dapat menyampaikan pesan secara efektif kepada siswa
c. ada
kombinasi antar gambar dan tulisan
Contoh LKS
PERUBAHAN BENDA
A.
Identitas
Mata
Pelajaran : Sains IPA
Kelas
/Semester : 5/II
Materi Pembelajaran : Perubahan Benda dan Penyebabnya
B.
Petunjuk Belajar
1.
Bekerjalah secara
tertib dan aktif di kelompok masing-masing
2.
Diskusikan dengan
teman kelompokmu sebelum mengisi tabel-tabel dalam LKS ini
3.
Isilah tabel-tabel
dalam LKS ini secara teliti dan rapih
4.
Jangan lupa untuk
menuliskan kesimpulan pada kolom yang disediakan
C.
Indikator:
1. dapat mengumpulkan data tentang sifat benda seperti wujud, bentuk, warna,
kelenturan, kekerasan, bau, sebelum dan
sesudah mengalami perubahan
2. dapat mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil
suatu proses (lilin dipanaskan, kertas dibakar, jeruk membusuk, dll)
3. dapat menjelaskan faktor-faktor yang
menyebabkan perubahan benda
D.
Alat dan Bahan (informasi pendukung) :
1. Jeruk segar dan busuk
2. Paku berkarat dan tidak berkarat
3. Lilin
4. Kertas
5. Potongan kayu
6. Korek api
7. Es batu
E.
Paparan Isi Materi LKS
LKS ini
meliputi kegiatan: (1) menyelidiki sifat
benda seperti wujud, bentuk, warna, kelenturan
kekerasan, bau, sebelum dan sesudah mengalami perubahan; (2) menyelidiki
apakah perubahan benda bersifat tetap atau sementara; (3) menyelidiki faktor
penyebab perubahan benda.
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan 1 :
Bagaimanakah
sifat benda seperti wujud, bentuk, warna, kelenturan kekerasan, bau, sebelum
dan sesudah mengalami perubahan?
No
|
Nama Benda
|
Sebelum
Perubahan
|
Sesudah Perubahan
|
||||||
Wujud
|
Warna
|
Kelenturan
|
Kekerasan
|
Wujud
|
Warna
|
Kelenturan
|
Kekerasan
|
||
1
|
Jeruk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Besi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Es Balok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Daun
Pisang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diskusikan dengan teman sekelompokmu
sifat apa saja yang bisa berubah dari benda akibat adanya perubahan pada benda
tersebut dan tuliskan kesimpulannya pada kotak di bawah ini.
|
Kegiatan
2
Apakah
Perubahan benda itu bersifat semetara atau tetap?
Perhatikan gambar disamping ini apa yang
terjadi jika kayu-kayu tersebut dibakar? Apakah akan menjadi kayu kembali? Mahabesar
Tuhan yang telah membuat perubahan, sehingga manusia banyak mengambil manfaat
akibat perubahan tersebut!
Nah, sekarang kembali berdiskusi dengan
teman-temamu apakah benda-benda di bawah ini kembali ke bentuk semula atau tidak
setelah mengalami perubahan: (Sebaiknya jika memungkinkan siswa juga melakukan
langsung).
No
|
Nama Benda
|
Perlakuan
|
Kembali Ke bentuk semula
|
|
ya
|
tidak
|
|||
1
|
Kayu
|
Dibakar
|
|
|
2
|
Besi
|
Dibiarkan lama di udara bebas
|
|
|
3
|
Jeruk
|
Dibiarkan lama di udara bebas
|
|
|
4
|
Lilin
|
dibakar
|
|
|
5
|
Kertas
|
dibakar
|
|
|
6
|
Es Batu
|
Dipanaskan, kemudian didinginkan kembali
|
|
|
Diskusikan dengan
teman sekelompokmu mana sajakah benda yang perubahannya tetap (permanen) atau
sementara (dapat kembali ke bentuk semula) dan tuliskan kesimpulan kegiatan
kalian pada kotak di bawah ini:
|
Kegiatan 3
Faktor apa saja yang menyebakan perubahan pada benda?
Diskusikan dan
isilah tabel di bawah ini bersama-sama teman sekelompokmu!
No
|
Nama Benda
|
Perubahan yang mungkin terjadi
|
Penyebab Perubahan
|
1
|
Batang besi
|
|
|
2
|
Es Balok
|
|
|
3
|
Buah Jeruk
|
|
|
4
|
Air
|
|
|
5
|
Lilin
|
|
|
6
|
Batang Kayu
|
|
|
7
|
Jok Kursi
|
|
|
8
|
Batu yang sering ditetesi air hujan
|
|
|
Diskusikan bersama
temanmu, berdasarkan kegiatan di atas
dapat kita simpulkan bahwa penyebab perubahan pada benda ada 3, yaitu :
1)......................................................................................................................................
2)......................................................................................................................................
3)......................................................................................................................................
G.
PENILAIAN
Jawablah Pertanyaan
berikut ini :
- Berikan minimal 5 contoh benda yang mengalami perbedaan warna ketika mengalami perubahan?
- Berikan 3 buah contoh benda yang mengalami perubahan secara permanen ketika terjadi perubahan?
- Jelaskan 3 faktor yang menjadi penyebab perubahan benda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar