Total Tayangan Halaman

Kamis, 20 November 2014

LEMBAR KERJA SISWA





LKS merupakan lembaran yang berisikan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. LKS disusun dengan tujuan antara lain: (1) memberikan pengetahuan dan sikap serta keterampilan yang perlu dimiliki siswa; (2) mengecek tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disajikan; (3) mengembangkan dan menerapkan materi pelajaran yang sulit dipelajari.
Menurut Darmojo dan Kaligis (1991 : 32), persyaratan LKS yang baik meliputi tiga aspek, yaitu didaktik, konstruksi, dan teknik
 
1.        Syarat-syarat didaktik
LKS sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya proses belajar mengajar harus memenuhi persyaratan didaktik artinya harus mengikuti azas-azas pembelajaran yang efektif, yaitu:
a. memperhatikan adanya perbedaan individual, sehingga LKS yang baik itu adalah yang dapat digunakan oleh siswa yang lamban, sedang, maupun pandai
b. menekankan pada proses untuk menemukan konsep-konsep sehingga LKS berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi siswa untuk mencari tahu
c. memiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kesempatan kepada siswa untuk menulis, menggambar, berdiskusi, menggunakan alat, dan sebagainya
d. dapat mengembangkan komunikasi sosial, moral dan estetika pada anak. Jadi tidak semata-mata ditunjukkan untuk mengenal fakta-fakta dan konsep akademis.      

 
2. Syarat-syarat konstruksi
Yang dimaksud syarat konstruksi adalah syarat-syarat yang berhubungan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakekatnya harus tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh pihak pemakai atau siswa
a.   menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan siswa
b.   menggunakan struktur kalimat yang jelas
c.   memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak
d.   menghindari pertanyaan yang terlalu terbuka
e.   tidak mengacu pada buku sumber di luar keterbacaan siswa
f.   menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada siswa    untuk menulis maupun menggambar pada LKS
g.   menggunakan kalimat sederhana dan pendek
h.   menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata
i.    memiliki tujuan belajar yang jelas dan manfaat dari pelajaran itu sebagai sumber motivasi.

3. Syarat-syarat teknik
a.   tulisan dengan menggunakan huruf cetak, huruf tebal yang agak besar untuk topik, tidak menggunakan lebih dari sepuluh kata dalam tiap kalimat dan mengusahakan agar perbandingan besar huruf dengan gambar serasi
b.   gambar dapat menyampaikan pesan secara efektif kepada siswa                 
c.   ada kombinasi antar gambar dan tulisan

 
Contoh LKS 

 PERUBAHAN BENDA

A.      Identitas

Mata Pelajaran                        : Sains IPA
Kelas /Semester                       : 5/II
Materi Pembelajaran               : Perubahan Benda dan Penyebabnya

B.       Petunjuk Belajar
1.    Bekerjalah secara tertib dan aktif di kelompok masing-masing
2.    Diskusikan dengan teman kelompokmu sebelum mengisi tabel-tabel dalam LKS ini
3.    Isilah tabel-tabel dalam LKS ini secara teliti dan rapih
4.    Jangan lupa untuk menuliskan kesimpulan pada kolom yang disediakan
C.      Indikator:
1.    dapat mengumpulkan data tentang sifat  benda seperti wujud, bentuk, warna, kelenturan,  kekerasan, bau, sebelum dan sesudah   mengalami perubahan
2.    dapat mendeskripsikan sifat benda  sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses (lilin dipanaskan, kertas dibakar,   jeruk membusuk, dll)
3.    dapat menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda

D.       Alat dan Bahan (informasi pendukung) :
1.    Jeruk segar dan busuk
2.    Paku berkarat dan tidak berkarat
3.    Lilin
4.    Kertas
5.    Potongan kayu
6.    Korek api
7.    Es batu

E.       Paparan Isi Materi LKS

LKS ini meliputi  kegiatan: (1) menyelidiki sifat benda seperti wujud, bentuk, warna, kelenturan kekerasan, bau, sebelum dan sesudah mengalami perubahan; (2) menyelidiki apakah perubahan benda bersifat tetap atau sementara; (3) menyelidiki faktor penyebab perubahan benda.
F.       Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan 1 :
Bagaimanakah sifat benda seperti wujud, bentuk, warna, kelenturan kekerasan, bau, sebelum dan sesudah mengalami perubahan?




 Yuk kita berdiskusi untuk lebih jauh mengetahui bagaimana  sifat benda sebelum dan setelah mengalami perubahan. Diskusikan dan isilah tabel di bawah ini bersama-sama dalam kelompokmu!

No
Nama Benda
Sebelum  Perubahan
Sesudah Perubahan
Wujud
Warna
Kelenturan
Kekerasan
Wujud
Warna
Kelenturan
Kekerasan
1
Jeruk








2
Besi








3
Kayu








4
Es Balok








5
Daun Pisang









Diskusikan dengan teman sekelompokmu sifat apa saja yang bisa berubah dari benda akibat adanya perubahan pada benda tersebut dan tuliskan kesimpulannya pada kotak di bawah ini.
Kesimpulan :
 
 
Kegiatan 2
Apakah Perubahan benda itu bersifat semetara atau tetap?

Perhatikan gambar disamping ini apa yang terjadi jika kayu-kayu tersebut dibakar? Apakah akan menjadi kayu kembali? Mahabesar Tuhan yang telah membuat perubahan, sehingga manusia banyak mengambil manfaat akibat perubahan tersebut!

Nah, sekarang kembali berdiskusi dengan teman-temamu apakah benda-benda di bawah ini kembali ke bentuk semula atau tidak setelah mengalami perubahan: (Sebaiknya jika memungkinkan siswa juga melakukan langsung).

No
Nama Benda
Perlakuan
Kembali Ke bentuk semula
ya
tidak
1
Kayu
Dibakar


2
Besi
Dibiarkan lama di udara bebas


3
Jeruk
Dibiarkan lama di udara bebas


4
Lilin
dibakar


5
Kertas
dibakar


6
Es Batu
Dipanaskan, kemudian didinginkan kembali


Diskusikan dengan teman sekelompokmu mana sajakah benda yang perubahannya tetap (permanen) atau sementara (dapat kembali ke bentuk semula) dan tuliskan kesimpulan kegiatan kalian pada kotak di bawah ini:
Benda yang perubahannya permanen   : ……………………………………………………
Benda yang perubahannnya sementara : ………………………………………………….
Informasi :
Perubahan benda yang bersifat permenen disebut perubahan kimia, sedangkan benda yang perubahannya bersifat sementara dan dapat kembali ke bentuk semula disebut perubahan fisika (informasi pendukung)
 
 






Kegiatan  3
Faktor apa saja yang menyebakan perubahan pada benda?
Diskusikan dan isilah tabel di bawah ini bersama-sama teman sekelompokmu!

No
Nama Benda
Perubahan yang mungkin terjadi
Penyebab Perubahan
1
Batang besi


2
Es Balok


3
Buah Jeruk


4
Air


5
Lilin


6
Batang Kayu


7
Jok Kursi


8
Batu yang sering ditetesi air hujan




Diskusikan bersama temanmu, berdasarkan  kegiatan di atas dapat kita simpulkan bahwa penyebab perubahan pada benda ada 3, yaitu :
1)......................................................................................................................................

2)......................................................................................................................................

3)......................................................................................................................................
G.      PENILAIAN

Jawablah Pertanyaan berikut ini :
  1. Berikan minimal 5 contoh benda yang mengalami perbedaan warna ketika mengalami perubahan?
  2. Berikan 3 buah contoh benda yang mengalami perubahan secara permanen ketika terjadi perubahan?
  3. Jelaskan 3 faktor yang menjadi penyebab perubahan benda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar