Menulis ... ya kadang ragu dan bingung untuk mengawali. Sudah berjudul-judul karya PTK/PKP mencoba di copy untuk dibaca... eh ujung-ujungnya terbersit plagiarisme. Bermodal kopy paste, tanpa sungkan dengan entengnya mengganti identitas...selanjutnya dengan bangga tanpa risih mengklaim inilah karyaku cukup 2 jam selesai. Jalan pintas seperti ini menjadi penyakit utama penulis pemula yang malas mengembangkan diri. Sisi lain, dengan modal uang tahunya beres, tinggal pesan ke tukang "jahit" karya ilmiah. fatalnya "jahitan"karya tulis itu juga hasil plagiat. Marilah dengan mencoba menulis secara cerdas, keras dan iklas, insya Allah akan berbuah puas. Mahasiswa UT atau Bapak/Ibu guru yang berkepentingan dengan penyusunan Karya Ilmiah melalui Penelitian Tindakan Kelas, ada baiknya memperhatikan rambu-rambu berikut :
Abstraksi, memuat :
1. Latar
belakang
2. Tujuan
3. Pelaksanaan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
4. Hasil
5. Simpulan
I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
1. Identifikasi
Masalah
a. Adanya
informasi tentang :
1) Data/hal-hal
yang terkait dengan masalah pembelajaran
2) Alasan
pemilihan masalah yang akan diatasi dengan PTK;
·
Logis dan jelas
·
Kurang logis atau kurang jelas
b. Mencantumkan
identifikasi masalah
1) Proses
identifikasi masalah jelas dan logis
2) Proses
identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis
2. Analisis
Masalah
Menyampaikan
proses analisis masalah :
a. Proses
analisis jelas dan logis
b. Terungkap
faktor-faktor penyebab munculnya masalah
3. Alternatif
dan Prioritas Pemecahan Masalah
a. Mencantumkan
alternatif dan prioritas pemecahan masalah
1) Logis
dan jelas
2) Kurang
logis atau kurang jelas
b. Ada
teori dan / atau pengalaman yang relevan mendukung prioritas alternatif
pemecahan masalah
B. Rumusan
Masalah, mengandung :
1. Perubahan
kompetensi
2. Subjek
yang diteliti
3. Topik
pada mata pelajaran
4. Tindakan
perbaikan yang dilakukan
5. Berkaitan
dengan latar belakang
C. Tujuan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Ada
rumusan jelas, logis dan bermakna terkait kinerja guru dan siswa
2. Ada
rumusan jelas dan logis
D. Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Ada
dan berkontribusi nyata terhadap perbaikan pembelajaran
2. Ada
dan tidak berkontribusi nyata terhadap pembelajaran
II.
KAJIAN PUSTAKA
A. Mencantumkan
minimal teori yang terkait dengan variabel yang diteliti (misalkan tentang
keterkaitan PTK dan PKP, karakteristik peserta didik, karakteristik mata
pelajaran, teori pelajaran yang diteliti, dan lain-lain)
B. Penulisan
kutipan Kajian Pustaka :
1. Benar
dan jelas
2. Benar
dan tidak jelas
III.
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
A. Subjek,
tempat, dan waktu serta pihak yang membantu
penelitian
1. Mencantumkan
lokasi, nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu dan pihak yang membantu
2. Waktu
pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing
siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah
B. Prosedur
Perbaikan Pembelajaran
1. Rencana
a. Adanya
penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan /alternative perbaikan
mencakup kinerja guru dan siswa
b. Tindakan/alternative
perbaikan yang relevan dengan masalah
c. Langkah-langkah
perbaikan :
·
Ada, rinci jelas dan logis
·
Ada, rinci dan jelas
·
Ada
2. Pelaksanaan
a. Adanya
informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK
b. Prosedur
pelaksanaan PTK disampaikan secara logis
c. Adanya
informasi tentang pengamat
d. Adanya
informasi tentang tugas pengamat/supervisor
e. Adanya
informasi tentang langkah-langkah pembelajaran
f. Langkah-langkah
pembelajaran diuraiakan secara jelas dan rinci
3. Pengamatan,
teknik pengumpulan data/instrument
a. Mencantumkan
teknik pengumpulan data (missal :obsevasi/pengamatan, wawancara, dokumen,
mengukur kemampuan siswa, dll) dalam rangka menjaring data kinerja guru dan
siswa.
b. Instrumen
yang digunakan :
·
Tepat
·
Tidak tepat
4. Refleksi
Mendeskripsikan
proses refleksi untuk menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan perbaikan
pembelajaran, tanpa disertai penyajian data
C. Teknis
Analisis Data
Menjelaskan
teknik yang digunakan dalam menganalisis data (missal kualitatif, kuantitatif)
Tepat
Tidak
tepat
IV.
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Kesesuaian
diskripsi hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran dengan tujuan penelitian :
1. Mendeskripsikan
data data hasil penelitian yang diolah persiklus sesuai dengan rumusan masalah
dan tujuan penelitian
2. Ada
data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan
3. Ada
paparan tentang hasil refleksi yang mencakup keberhasilan, kegagalan,
faktor-faktor yang menyebabkannya dan alasan tindakan perbaikan
B. Pembahasan
dari setiap siklus
1. Setiap
temuan persiklus dianalisis sesuai dengan teori yang diacu (Bab Kajian Pustaka)
2. Sebagian
temuan dianalisis secara rinci
V.
SIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
A. Simpulan
1.
Simpulan sesuai dengan tujuan penelitian
dan temuan
2.
Simpulan disajikan dengan jelas
B. Saran
Tindak lanjut
1. Saran
tindak lanjut sesuai dengan simpulan
2. Saran
tindaklanjut yang diajukan jelas dan logis
3. Saran
tindaklanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional)
VI.
BAHASA
·
Paragraf merupakan satu keutuhan
·
Penulisan sesuai engan EYD
VII.
DAFTAR PUSTAKA
·
Sistematis dan lengkap
·
Sistematis tetapi tidak lengkap
·
Lengkap tetapi tidak sistematis
VIII. LAMPIRAN
·
Kelengkapan lapiran
o
Ada Jurnal pembimbingan
o
Foto
o
Instrumen
·
Kesesuaian isi laporan dengan jurnal
pembimbingan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar