Total Tayangan Halaman

Senin, 17 Februari 2014

VARIABEL/ DESKRIPTOR RAMBU-RAMBU LAPORAN PKP/PTK


Menulis ... ya kadang ragu dan bingung untuk mengawali. Sudah berjudul-judul karya PTK/PKP mencoba di copy untuk dibaca... eh ujung-ujungnya terbersit plagiarisme. Bermodal kopy paste, tanpa sungkan dengan entengnya mengganti identitas...selanjutnya dengan bangga tanpa risih mengklaim inilah karyaku cukup 2 jam selesai. Jalan pintas seperti ini menjadi penyakit utama penulis pemula yang malas mengembangkan diri. Sisi lain, dengan modal uang tahunya beres, tinggal pesan ke tukang "jahit" karya ilmiah. fatalnya "jahitan"karya tulis itu juga hasil plagiat.  Marilah dengan mencoba menulis secara cerdas, keras dan iklas, insya Allah akan berbuah puas. Mahasiswa UT atau Bapak/Ibu guru yang berkepentingan dengan penyusunan Karya Ilmiah melalui Penelitian Tindakan Kelas, ada baiknya memperhatikan rambu-rambu berikut  :


Abstraksi, memuat :
1.      Latar belakang
2.      Tujuan
3.      Pelaksanaan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
4.      Hasil
5.      Simpulan

 

I.                   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
1.      Identifikasi Masalah
a.       Adanya informasi tentang :
1)      Data/hal-hal yang terkait dengan masalah pembelajaran  
2)      Alasan pemilihan masalah yang akan diatasi dengan PTK;
·         Logis dan jelas
·         Kurang logis atau kurang jelas
b.      Mencantumkan identifikasi masalah
1)      Proses identifikasi masalah jelas dan logis
2)      Proses identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis
2.      Analisis Masalah
Menyampaikan proses analisis masalah :
a.       Proses analisis jelas dan logis
b.      Terungkap faktor-faktor penyebab munculnya masalah
3.      Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
a.       Mencantumkan alternatif dan prioritas pemecahan masalah
1)      Logis dan jelas
2)      Kurang logis atau kurang jelas
b.      Ada teori dan / atau pengalaman yang relevan mendukung prioritas alternatif pemecahan masalah
B.     Rumusan Masalah, mengandung :
1.      Perubahan kompetensi
2.      Subjek yang diteliti
3.      Topik pada mata pelajaran
4.      Tindakan perbaikan yang dilakukan
5.      Berkaitan dengan latar belakang
C.     Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.      Ada rumusan jelas, logis dan bermakna terkait kinerja guru dan siswa
2.      Ada rumusan jelas dan logis

D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.      Ada dan berkontribusi nyata terhadap perbaikan pembelajaran
2.      Ada dan tidak berkontribusi nyata terhadap pembelajaran

II.                KAJIAN PUSTAKA
A.    Mencantumkan minimal teori yang terkait dengan variabel yang diteliti (misalkan tentang keterkaitan PTK dan PKP, karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, teori pelajaran yang diteliti, dan lain-lain)
B.     Penulisan kutipan Kajian Pustaka   :
1.      Benar dan jelas
2.      Benar dan tidak jelas

III.             PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A.    Subjek, tempat, dan waktu serta pihak yang membantu  penelitian
1.      Mencantumkan lokasi, nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu dan pihak yang membantu
2.      Waktu pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah

B.     Prosedur Perbaikan Pembelajaran
1.      Rencana
a.       Adanya penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan /alternative perbaikan mencakup kinerja guru dan siswa
b.      Tindakan/alternative perbaikan yang relevan dengan masalah
c.       Langkah-langkah perbaikan :
·         Ada, rinci jelas dan logis
·         Ada, rinci dan jelas
·         Ada
2.      Pelaksanaan
a.       Adanya informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK
b.      Prosedur pelaksanaan PTK disampaikan secara logis
c.       Adanya informasi tentang pengamat
d.      Adanya informasi tentang tugas pengamat/supervisor
e.       Adanya informasi tentang langkah-langkah pembelajaran
f.       Langkah-langkah pembelajaran diuraiakan secara jelas dan rinci

3.      Pengamatan, teknik pengumpulan data/instrument
a.       Mencantumkan teknik pengumpulan data (missal :obsevasi/pengamatan, wawancara, dokumen, mengukur kemampuan siswa, dll) dalam rangka menjaring data kinerja guru dan siswa.
b.      Instrumen yang digunakan   :
·         Tepat
·         Tidak tepat

4.      Refleksi
Mendeskripsikan proses refleksi untuk menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan perbaikan pembelajaran, tanpa disertai penyajian data

C.     Teknis Analisis Data
Menjelaskan teknik yang digunakan dalam menganalisis data (missal kualitatif, kuantitatif)
Tepat
Tidak tepat

IV.             HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Kesesuaian diskripsi hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran dengan tujuan penelitian  :
1.      Mendeskripsikan data data hasil penelitian yang diolah persiklus sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian
2.      Ada data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan
3.      Ada paparan tentang hasil refleksi yang mencakup keberhasilan, kegagalan, faktor-faktor yang menyebabkannya dan alasan tindakan perbaikan
B.     Pembahasan dari setiap siklus
1.      Setiap temuan persiklus dianalisis sesuai dengan teori yang diacu  (Bab Kajian Pustaka)
2.      Sebagian temuan dianalisis secara rinci

V.                SIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
A.   Simpulan
1.        Simpulan sesuai dengan tujuan penelitian dan temuan
2.        Simpulan disajikan dengan jelas
B.  Saran Tindak lanjut
1.      Saran tindak lanjut sesuai dengan simpulan
2.      Saran tindaklanjut yang diajukan jelas dan logis
3.      Saran tindaklanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional)

VI.             BAHASA
·         Paragraf merupakan satu keutuhan
·         Penulisan sesuai engan EYD

VII.          DAFTAR PUSTAKA
·         Sistematis dan lengkap
·         Sistematis tetapi tidak lengkap
·         Lengkap tetapi tidak sistematis

VIII.       LAMPIRAN
·         Kelengkapan lapiran
o   Ada Jurnal pembimbingan
o   Foto
o   Instrumen
·         Kesesuaian isi laporan dengan jurnal pembimbingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar